Tugas TIK Azalia Tri A. X5

PERANGKAT KERAS YANG TERDAPAT DALM KOMPUTER

     Hardware atau perangkat keras adalah komponen fisik yang digunakan untuk menjalankan perintah dalam komputer. Dengan kata lain, perangkat keras merupakan komponen pada komputer yang bisa dilihat, disentuh, dan diraba.

    Secara umum, perangkat keras dibagi menjadi empat yaitu perangkat masukan, perangkat keluaran, perangkat pengolah data, dan perangkat tambahan atau aksesori.

    Perangkat masukan ini bertugas untuk memasukkan data pada komputer. Selanjutnya data yang sudah masuk tersebut akan diproses oleh perangkat pengolah. Setelah diolah, komputer akan menampilkan atau menghasilkan data melalui perangkat keras keluaran.

    Selain tiga hardware utama tersebut, ada juga perangkat tambahan yang digunakan untuk mendukung kinerja komputer. Lebih lengkapnya mengenai macam-macam perangkat keras akan diulas di bawah ini.

1. Monitor

    
Monitor adalah perangkat keras komputer yang memiliki fungsi untuk menampilkan pengelolaan CPU. Monitor juga memiliki fungsi untuk output data grafis CPU. Jadi semua yang ditampilakan oleh komputer saat kita gunakan, alat yang menampilkanya adalah monitor.Makanya, alat ini dikenal pula dengan mana layar komputer. Tanpa monitor, sudah bisa dipastikan komputer tidak akan bisa digunakan. Sebab kamu tidak akan bisa melihat bagaimana kerja komputer. Untuk saat ini, jenis monitor terdiri dari 4 jenis. Ada monitor CRT, monitor LCD, Plasma display, dan monitor LED

2. Keyboard


Keyboard atau papan ketik adalah perangkat komputer yang berbentuk papan ketik dengan tombol huruf dan angka di atasnya. Fungsi utama perangkat ini adalah untuk menginput data baik itu huruf atau angka ke komputer. Kombinasi tomnol keyboard juga bisa menghadirkan perintah tertentu. Jenis keyboard yang paling terkenal adalah keyboard QWERTY. Tapi sebenarnya selain itu, masih ada banyak jenis lainya. Seperti keyboard DEVORAK, keyboard Alphabetik, dan lain-lain. bentuknya juga beragam, meski kebanyak persegi panjang, tetapi ada yang unik seperti keyboard Klockenberg.

3. Mouse


Mouse sebanarnya merupakan perangkat yang terpisah dari komputer atau lebih tepatnya ia tidak berada di dalam komputer. Tetapi, tanpa mouse, komputer tidak akan bisa digunakan. Sebab mouse atau yang berarti tetikus ini adalah perangkat yang berguna sebagai kemudi kompuiter. Ia manjadi semacam petunjuk yang digambarkan dalam sebuah kursor. Kursor mouse kemudian ditampailkan di monitor. Perintah-perintah praktis bisa kita masukkan melalui mouse. Sejauh ini, ada banyak jenis mouse yang beredar di pasaran. Harganya juga beragam, ada yang puluhan ribu dan ada pula yang sampai jutaan. Untuk jenisnya, kamu bisa gunakan mouse serial, Mouse PS2, mouse Wifi, dan mouse USB.

4. RAM


    RAM adalah akronim dari Random Access Memory. RAM adalah perangkat keras komputer yang memiliki fungsi menyimpan data secara sementara dan bisa diakses secara acak. Cara kerja RAM kebalikan dari memori internal. Fungsi utama RAM adalah menyimpan data dan intruksi yang diberikan oleh prosessor. Berbeda dengan memori atau harddisk yang menyimpan data secara permanen, RAM menyimpan data secara sementara. Jadi ketika komputer mati, maka data dan intruksi yang disimpan oleh RAM akan menghilang. Tidak tersimpan di RAM. Beberapa jenis RAM yang saat ini digunakan adalah SRAM, RD RAM, FPM RAM, DRAM, EDORAM, DDR RAM, dan lainya.

5. Webcam


    Webcam juga merupaka hardware komputer yang punya peran penting bagi sebagian pengguna komputer. Walaupun memang ada beberapa pengguna yang tidak terlalu butuh perangkat ini. Webcam alias ‘web camera’ merupakan perangkat keras komputer berupa kamera digital. Cara kerja kamera ini layaknya kamera pada umumnya, hanya saja langsung terhubung dan terpasang di komputer. Biasanya dimanfaatkan para pengguna komputer untuk mengirim gambar secara live ke pengguna komputer lainya melalui jaringan internet. Dahulu komputer dengan webcame harganya mahal, tapi sekarang hampir semua laptop terbaru dilengkapi dengan webcame yang bagus.

6. Modem


    Suka terhubung dengan internet melalui komputer? Maka perangkat yang satu ini bisa jadi wajib buat kamu. namanya Modem, sebuah perangkat komputer yang sempat populer beberapa tahun yang lalu sebelum merebaknya jaringan wifi dan hotspot hp. Modem akronim dari Modulator Demodulator ini merupakan perangkat yang berguna untuk menghubungkan komputer dengan sinyal digital atau internet, untuk kemudian diubah menjadi data yang bisa ditampilkan di komputer.

7. LCD Proyektor


    Perangkat yang satu ini biasanya begitu penting saat sedang melakukan presentasi atau nonton bareng, proyektor LCD. Proyektor LCD adalah adalah perangkat keras komputer yang berguna untuk menampilkan data gambar atau video dari komputer. Untuk menampilkan hasil Proyektor LCD, kita juga butuh permukaan yang datar baik dari layar atau benda datar lainya. Cara kerja proyektor LCD dimulai dari menghubungkan proyektor LCD ke komputer, lalu proyektor LCD akan mengirimkan cahaya dari lampu halide loga. Selanjutnya akan diterukan bagian prisma. Baru setelah itu, akan menyebar pada panel polysilikon yang memiliki warna beragam.

8. Printer


    Printer megubah data digital menjadi bentuk cetak. Jadi cara kerja printer berkebalikdan dari cara kerja scanner. Printer adalah perangkat keras komputer yang berguna mencetak data digital ke dalam sebuah kertas, baik itu data foto, gambar ataupun teks. Dari namanya, printer memiliki arti cetakan. Tahun 1968, printer pertama dibuat oleh Epson dengan nama EP-101. Kemudian tahun ke tahun, printer terus berkembang dan semakin canggih. Kini makin banyak jenis printer dengan teknologi yang beragam. Beberapa jenis printer saat ini antara lain: printer Laserjet, printer Dotmatrix, dan juga printer Inkjet.

9. Card Reader


    Card reader juga merupakan hardware komputer yang cukup penting, walaupun secara umum tidak mempengaruhi kinerja komputer. Beberapa orang bisa jadi juga belum pernah menggunakan perangkat ini sekalipun telah lama menggunakan komputer. Card Reader sebagai mana namanya adalah perangkat yang digunakan untuk membaca data di dalam memory card. Data kemudian di transfer ke komputer. Komputer tidak dilengkapi dengan slot card reader, jadi kalau ingin menggunakan card reader, maka harus dihubungkan dengan tambahan card reader eksternal melalui port USB. Beberapa jenis card reader adalah mini SD, Memory Stick Pro, Memory Stick Micro, micro SD, XD Card, MMC, dan RS-MMC.

10. Joystick


    Untuk kamu yang gemar main video game di komputer, perangkat keras yang satu ini bisa jadi sangat familiar buat kamu. Ya, Joystick adalah hardware komputer yang berbentuk tuas yang bisa digerakkan ke segala arah. Jadi dengan joystick ini pengguna komputer bisa mentransmisikan arah baik dua dimensi atau tiga dimensi. Umumnya, alat ini digunakan sebagai pelengkap bermain video game. Yang pasti ketika kamu membeli joystick, pastika joystick yang kamu beli fiturnya didukung oleh motherboard komputer kamu.

PERANGKAT LUNAK YANG TERDAPAT PADA KOMPUTER


    Perangkat lunak (software) adalah bagian tidak terpisahkan pada sistem komputer sebagai jembatan dengan perangkat keras (hardware) agar komputer bisa dipakai untuk berbagai kebutuhan. Sebuah komputer, baik PC maupun laptop, memiliki dua komponen utama yang dinamakan perangkat keras dan perangkat lunak.
    Perangkat keras adalah penyusun fisik dari sebuah komputer, seperti mainboard, alat penyimpan (harddisk), memori sementara (RAM), keyboard, mouse, dan sebagainya. Di sisi lain, perangkat keras tidak akan bisa digunakan tanpa kehadiran perangkat lunak yang diinstal atau dipasang di dalam hardware.
    Menurut Modul 01 Pengenalan Perangkat TIK Dasar oleh Kemdikbud, perangkat lunak adalah bagian dari sistem komputer yang tidak berwujud dan berupa data yang disimpan secara digital. Di dalam software itu termasuk, misalnya, program komputer, dokumentasi, dan informasi lain yang dapat dibaca maupun ditulis melalui komputer.

1. Photoshoop


  Jika kamu seorang  editing ataupun suka mengedit foto pasti sudah tidak asing lagi dengan software yang bernama photoshop. Bahkan software yang diciptakan oleh Thomas dan John Knoll disinyalir sebagai software edit foto terbaik sampai saat ini.
    Photoshop merupakan salah satu progam foto editor yang sering digunakan untuk berbagai keperluan editing. Misalnya digunakan untuk memanipulasi gambar, memotong gambar, bahkan juga digunakan untuk membuat template pada sebuah website.

2. Corel Draw

    Corel draw merupakan salah satu software edit foto yang sering digunakan untuk membuat berbagai bentuk pola. Misalnya untuk membuat pola banner, logo, kartu nama, undangan, spanduk, dan berbagai macam pola lainnya. Selain itu corel draw juga sering digunakan untuk membuat template website sebelum di olah ke progam dreamweaver.

.3. Phoxo


    Jika ingin mempercantik ataupun mengedit foto dalam waktu yang cepat, kamu bisa menggunakan software edit foto yang bernama phoxo. Kelebihan dari phoxo sendiri yaitu mempunyai ratusan brush style, frame, dan clipart. Selain itu phoxo juga mempunyai lebih dari lima puluh macam efect seperti soft edge, splash, oil painting, mosaic dan lain-lainnya. Maka tidak heran jika phoxo sering disebut sebagai software edit foto terbaik buat PC

4. Adobe Illustrator


   Mungkin bisa dibilang software edit foto yang satu ini mirip dengan software edit foto dari sebuah master peace perusahaan Corel. Hanya saja software adobe illustrator ini mempunyai tool yang lebih lengkap dibandingkan dengan software corel draw. Jadi, ketika kamu ingin belajar menjadi editing ataupun membuat gambar, mungkin software adobe illustrator ini sangat cocok buat kamu.

5. Adobe Photoshop Elements


    Adobe photoshop elements merupakan salah satu software edit foto terbaik dari adobe. Jadi ketika kamu ingin menjadi seorang designer ataupun ingin memanipulasi foto agar kelihatan bagus, tidak ada salahnya menggunakan software ini. Di dalam adobe photoshop elements juga  terdapat beberapa fitur seperti fast effect, crop, transform, stylish text, pewarnaan, dan lain sebagainya.

6. GIMP (GNU Image Manipulation Program)

    GNU image manipulation program atau sering disebut Gimp merupakan software edit foto terbaik yang sering digunakan oleh para editing. Bahkan seorang editing terkenal bernama Sergy Brin, menggunakan software Gimp saat membuat logo google pertama kali. Jadi ketika kamu ingin mencoba mengedit foto di rumah, tidak ada salahnya menggunakan software edit foto yang satu ini.

7. Irfanview

    Irfanview merupakan salah satu software edit foto yang mempunyai lebih dari 30 tool dan semuanya bisa dipakai secara gratis. Berbagai macam bentuk pola seperti circle, arrows, straighten image juga terdapat pada software edit foto yang satu ini. Bahkan ada juga berbagai macam effect yang terdapat di Irfanview. Misalnya, blur, adobe 8BF, sharpen, filter factory, dan lain sebagainya.

8. Pixbuilder

    Pixbuilder merupakan software edit foto gratis yang sering digunakan untuk mengolah foto digital. Selain itu, di dalam pixbuilder juga terdapat macam-macam efect untuk mengedit foto seperti mengatur color balance, contrast foto, dan blur.

9. Artweaver

   Artweaver merupakan salah satu software edit foto yang mampu menghasilkan gambar ataupun foto lebih cantik dan menarik. Bahkan dengan menggunakan software artweaver ini, kamu juga bisa membuat foto yang tadinya jelek menjadi sangat lucu.

10. PhotoScape

    Software edit foto terbaik buat PC terakhir yang bisa kamu coba adalah PhotoScape. Selain dikenal untuk membuat gambar bergerak (GIF), PhotoScape juga bisa digunakan untuk mengedit foto. Bahkan PhotoScape sendiri juga bisa digunakan untuk menangkap layar monitor, convert foto, splitter, color picker dan lain-lainnya.

PENGERTIAN HUB, SWITCH, MODEM, ROUTER, DAN ACCESS POINT

1. HUB


    Hub atau lebih dikenal dengan istilah network hub adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya dalam suatu sistem jaringan. Komputer yang terhubung melalui hub ini dapat saling bertukar informasi satu sama lain.

2.SWITCH


 Switch adalah sebagai pengalih jaringan dan menjadi sebuah alat yang menjalankan penghubung tidak terlihat penghubung penyekat dari banyak jaringan dengan mengalihkan dengan melihat alamat MAC.

3.MODEM


    Modem merupakan singkatan dari Modulator Demodulator. Dimana kedua kata ini memililiki arti yaitu Modulator merupakan bagian yang berfungsi untuk mengubah sinyal informasi menjadi sinyal pembawa yang siap dikirimkan, sedangkan arti dari Demodulator merupakan bagian untuk memisahkan antara sinyal informasi dari sinyal pembawa yang diterima dengan baik. Dengan kata lain, modem adalah jenis alat komunikasi dua arah.

4. ROUTER


    Pengertian router adalah perangkat yang berfungsi untuk mentransmisikan paket data dari jaringan internet ke perangkat lain melalui proses routing. Proses routing sendiri merupakan proses meneruskan paket jaringan satu dengan yang lainnya. Melansir Cloudflare, router adalah perangkat yang menghubungkan dua atau lebih jaringan atau sub-jaringan.

5.acces point
    Access point adalah penghubung antar jaringan, yaitu jaringan lokal yang memakai kabel dengan jaringan nirkabel seperti wifi, wireless, bluetooth dan lain sebagainya. Access point juga dapat digunakan untuk mengatur IP address secara otomatis terhadap perangkat yang terhubung.

MACAM-MACAM TOPOLOGI

    Topologi jaringan komputer adalah metode atau cara agar bisa menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya. Jaringan yang digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain bisa menggunakan kabel UTP, fiber optik, atau pun nirkabel (tanpa kabel) sebagai media transmisi.

1. TOPOLOGI BUS


    Pada topologi bus, semua komputer yang terhubung dalam jaringan dihubungkan melalui sebuah bus atau jalur komunikasi data yang biasanya berupa kabel coaxial sebagai pembawa sinyal. Pada topologi ini, semua jaringan mempunyai kesempatan yang sama dalam pertukaran informasi dan komunikasi dalam jaringan. Topologi ini banyak digunakan pada perusahaan kecil.

2. TOPOLOGI RING


    Sesuai dengan namanya yaitu ring atau cincin, semua komputer pada jaringan dengan topologi ring dihubungkan sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah cincin. Melalui topologi ini data tidak langsung dikirimkan ke komputer yang dituju akan tetapi terlebih dahulu melalui beberapa komputer secara berkeliling sepanjang jaringan melalui media yang disebut sebagai token. Token tersebut akan memeriksa dan melanjutkan perjalanannya apabila data yang ditujukan bukan untuk dirinya dan menyimpan data apabila data yang ditujukan untuk dirinya.

3. TOPOLOGI STAR


    Sesuai dengan namanya, struktur fisik dari topologi ini berbentuk bintang. Pada topologi ini masing-masing komputer (client) terhubung ke sebuah alat penghubung terpusat atau konsentrator (server) melalui jalur yang berbeda. Media transmisi yang biasa digunakan adalah kabel UTP (unshielded twisted pair).

4. TOPOLOGI HYERACHIAL TREE


    Sesuai dengan namanya, jaringan komputer dengan topologi hyerachical tree secara fisik memiliki skema akar pohon. Pada topologi ini beberapa komputer berfungsi sebagai penghubung dan mempunyai tingkatan status yang lebih tinggi, yang akan melakukan manajemen komputer di bawahnya. Dalam topologi ini, data ditransfer dari komputer yang lebih rendah ke lebih tinggi hingga ke komputer yang dituju dan sebaliknya. Topologi ini banyak digunakan pada gedung perka.

5. TOPOLOGI MESH

    Secara fidik, jaringan dengan topologi web lebih rumit dari topologi sebelumnya. Masingmasing komputer dihubungkan satu sama lainnya dengan beberapa link berupa kabel jaringan.

KEKURANGAN DAN KELEBIHAN DARI JARINGAN LAN, MAN, DAN WAN

1. LAN

    Kekurangan dari LAN adalah keamanan dari jaringan kurang, wilayah yang tercakup dalam jaringan terbatas pada wilayah yang dapat dijangkau oleh gelombang radio dari wireless LAN, kecepatan transfer data pada wireless LAN juga lebih lambat daripada LAN dengan kabel.

Sedangkan, untuk kelebihan dari LAN adalah sebagai berikut.
  • Karena jangkauannya yang hanya mencakup area kecil, LAN tidak akan menguras terlalu banyak biaya. Selain itu, kabel yang digunakan pun tidak terlalu panjang. Ini akan lebih menghemat biaya.
  • Melalui LAN, koneksi transfer data antar node akan berlangsung dengan cepat.
  • Jaringan LAN tidak membutuhkan operator telekomunikasi untuk dapat membuat jaringan.

2. MAN


    Kekurangan MAN adalah Jaringan MAN sangat mungkin untuk sirsak oleh orang yang tidak bertanggung jawab demi keuntungan pribadi atau tujuan lainnya, dan Apabila terjadi kerusakan pada jaringan MAN, waktu yang diperlukan untuk memperbaikinya akan cukup lama. 

Sedangkan, untuk kelebihan MAN adalah sebagai berikut.
  1. MAN mempunyai area jangkauan yang lebih luas dibandingkan LAN. Hal ini karena MAN dapat mencakup lingkup satu kota. Hal ini membuat komunikasi dengan jaringan MAN menjadi lebih efisien.
  2. Jaringan MAN dipakai untuk mempermudah urusan bisnis. Keamanan berkomunikasi dengan jaringan MAN pun juga dinilai lebih terjaga.
  3. Memiliki kecepatan transfer data yang tinggi

3. WAN



Kekurangan WAN adalah sebagai berikut.
  1. Karena jangkauannya yang sangat luas, sangat wajar jika WAN membutuhkan biaya operasional yang sangat tidak sedikit.
  2. Dari segi pengaturan atau penyetingan, jaringan WAN lebih sulit dan rumit. Alat-alat yang diperlukan untuk membangun jaringan ini juga tidak murah.
  3. Jaringan WAN membutuhkan keberadaan Firewall demi membatasi pengguna ilegal yang masuk. Selain itu, langkah ini juga bertujuan untuk membatasi user yang ingin mengganggu jaringan.
  4. Skala jangkauan jaringan WAN yang luas membuat jaringan ini rentan terhadap serangan dan ancaman dari dunia luar seperti hacker.
Kelebihan WAN adalah sebagai berikut.
  1. WAN mempunyai sistem jaringan yang luas dan besar sehingga mampu menjangkau negara, benua, bahkan seluruh dunia.
  2. Dengan memanfaatkan koneksi workstations, jaringan WAN dapat digunakan untuk berbagi resources atau sumber daya.
  3. WAN memungkinkan pengguna untuk berbagi informasi atau file melalui area yang lebih besar, hingga mencapai antar benua.
  4. Semua orang yang terdapat pada jaringan WAN akan dapat menggunakan data yang sama.

Komentar